7 Tips Aman Mengendarai Mobil di Medan Ekstrem

rental mobil balikpapan

Belum semua daerah di Indonesia memiliki jalan aspal yang baik, sehingga untuk melaluinya kita perlu cara dan persiapan yang tepat agar perjalanan aman, nyaman, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, bagaimana cara tepat supaya kita tetap aman selama di perjalanan? Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya di bawah ini!

7 Tips Aman Mengendarai Mobil di Medan Ekstrem

  1. Perhatikan Kondisi Mobil sebelum Berkendara

Pastikan seluruh kondisi mobil dalam keadaan baik, khususnya bagian kontrol utama, seperti setir, rem, tuas transmisi, dan kopling. Sebab jika salah satu dari bagian tersebut rusak, gangguan yang fatal bisa saja terjadi.

Oleh karena itu pastikan mobil Anda dalam keadaan baik. Jika Anda menyewa, periksa dulu kendaraan sebelum bepergian, sehingga jika terjadi kerusakan dapat segera diganti.

  1. Bahan Bakar Harus Cukup

Berpetualang ke daerah yang masih terpencil dan jalannya kurang baik, kemungkinan ada stasiun pengisian bahan bakar sangat kecil. Jika beruntung, Anda bisa menemukan penjual bensin eceran. Untuk mengantisipasinya, pastikan mobil sudah diisi dengan bahan bakar yang cukup sebelum bepergian.

  1. Mengetahui Rute Jalan yang akan Dilalui

Hal yang tidak kalah penting adalah ketahui lebih dahulu rute jalan yang akan dilalui. Hal ini bertujuan agar Anda tidak tersesat selama di perjalanan.

Jika memang Anda tidak yakin bisa berkendara sendiri, apalagi baru pertama kali ingin mengunjungi daerah tersebut, ada baiknya menyewa jasa sopir. Karena mereka pasti tahu arah jalan, lebih baik lagi jika sopir memang berasal dari daerah tersebut.

  1. Mempersiapkan untuk Hal Darurat

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatu untuk hal-hal darurat yang mungkin terjadi, seperti barang-barang yang perlu disiapkan, antara lain kotak P3K, air, makanan, pakaian, dan power bank.

  1. Gunakan Rem dengan Cermat
Baca Juga  Tips Cerdas Perawatan Mobil Secara Mandiri

Menggunakan rem secara terus menerus saat berada di jalan yang kurang baik, dapat membuat rem cepat rusak hingga menyebabkan rem blong. Sehingga hal ini perlu dicegah dengan menggunakan rem secara cermat, yakni dengan cara menginjak rem secara halus dengan beberapa kali injakan perlahan.

  1. Turunkan Gigi sebelum Jalan Menurun

Untuk meringankan beban kerja mobil, ada baiknya segera turunkan gigi sebelum menghadapi jalan yang menurun, terlebih jika menurun secara ekstrem. Cara ini juga membuat kita lebih mudah mengontrol laju kendaraan.

Perlu diingat! Jangan mengganti gigi saat berada di tengah jalan yang menurun sebab hal ini akan sangat berbahaya.

  1. Kondisi Fisik Harus Prima

Terakhir, semua hal di atas tidak akan tercapai jika Anda sedang dalam kondisi yang kurang baik. Sebab kondisi tubuh yang kurang sehat dapat menurunkan tingkat kewaspadaan, sehingga dapat berbahaya jika Anda terus memaksakan.

Nah, itulah tujuh tips berkendara di daerah dengan jalan yang ekstrem. Untuk mendukung perjalanan, Anda mungkin membutuhkan mobil yang dikhususkan untuk melalui jalan seperti ini, seperti Pajero Sport, Fortuner, atau Triton. Tidak punya ketiganya? Tenang, Anda bisa mengunjungi Senayan Rent CAr, rental mobil Balikpapan yang memiliki banyak koleksi mobil dan bus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau! Bahkan Anda dapat sekaligus menyewa jasa sopir profesional untuk bepergian jika Anda tidak tahu rute perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *