Mengatasi Mobil Overheating Ala Rental Mobil Balikpapan

mesin mobil rusak kepanasan

Saat ini kebutuhan mobil untuk melakukan aktivitas traveling masih cukup tinggi. Bahkan terkadang mobil-mobil tersebut digunakan untuk traveling ke berbagai medan jalanan sehingga dibutuhkan kendaraan yang memang bandel dan tahan banting.

Ketika mobil digunakan secara terus-menerus seperti memenuhi kebutuhan traveling, tidak menutup kemungkinan bahwa mesin mobil tersebut akan mengalami overheating yang bisa mengakibatkan munculnya kerusakan pasa mesin kendaraan. Bagi Anda yang sedang menyewa mobil dan mengalami kejadian overheating, berikut adalah beberapa tips penting yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi overheating pada mesin kendaraan.

1. Segera Berhenti di Tempat Yang Aman Saat Mobil Mengalami Overheating

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi mobil overheating adalah dengan segera berhenti dan mematikan mesin pada tempat yang aman. Ketika mobil yang Anda tunggangi sudah menunjukkan tanda-tanda terjadinya overheat, sangat disarankan untuk segera berhenti di pinggir jalan dan segera mematikan mesin kendaraan tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan yang bisa terjadi pada mesin mobil. Ketika mesin yang mengalami overheating terus dipaksakan untuk bekerja maka hal tersebut bisa memberikan dampak negatif dan bisa merusak komponen-komponen mobil lainnya.

2. Membuka Kap Mesin Mobil Yang Overheating

 Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi mesin kendaraan yang overheating adalah dengan membuka kap mesin mobil kendaraan Anda. Membuka kap mesin kendaraan setelah mesin mobil dimatikan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengeluarkan panas dari mesin kendaraan secara sedikit demi sedikit ketika kap mesin tersebut dibuka.

Ketika mesin mobil sudah dimatikan dan kemudian kap mesin kendaraan dibuka, maka secara perlahan suhu mesin kendaraan tersebut akan menyesuaikan dengan suhu lingkungan sekitarnya yang lebih rendah sehingga sedikit demi sedikit bisa mengurangi panas yang dimiliki mesin kendaraan rental mobil Balikpapan.

Baca Juga  Tips aman dari Terjadinya Kebakaran dalam Mobil

3. Jangan Langsung Membuka Tutup Radiator

Melakukan pengecekan level air radiator memang menjadi hal yang sangat penting untuk mengatasi masalah overheating pada mesin kendaraan Anda. Namun ketika mobil overheating dan Anda baru saja membuka kap mesin kendaraan maak sebaiknya jangan langsung membuka tutup radiator kendaraan.

Pada saat mobil mengalami overheating maka kondisi tutup radiator akan sangat panas sehingga berpotensi untuk melukai jari-jari Anda ketika berupaya langsung membuka tutup radiator yang panas. Sebaiknya tunggu beberapa menit sebelum membuka tutup radiator agar kondisi mesin tidak terlalu panas.

4. Melakukan Pengecekan Level Air Radiator

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah overheating pada mesin mobil adalah dengan melakukan pengecekan level air pada radiator kendaraan Anda. Air pada radiator memainkan peranan yang sangat penting untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada mesin kendaraan yang Anda miliki.

Ketika cadangan air di dalam mesin kendaraan mulai berkurang maka sangat dianjurkan untuk segera mengisi kembali radiator tersebut dengan air ataupun coolant yang bisa mendinginkan mesin kendaraan dengan lebih cepat. Radiator yang memiliki cadangan air mencukupi, umumnya akan bisa menurunkan potensi terjadinya overheating kendaraan.

5. Mencari Kemungkinan Kebocoran Sistem Pendingin

Selain masalah air pada radiator, penyebab lain yang bisa mengakibatkan terjadinya overheating pada mesin kendaraan adalah adanya kemungkinan kebocoran pada sistem pendingin. Maka dari itu, cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi overheating pada mesin kendaraan adalah dengan mencari kemungkinan kebocoran tersebut seperti pada bagian radiator, kepala silinder, dan ataupun juga pada bagian blok mesin.

Demikianlah beberapa cara mengatasi mesin mobil yang overheating ala rental mobil Balikpapan. Kini dengan adanya beberapa tips yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau mengalami kejadian overheating bahkan pada saat ketika Anda sedang traveling menggunakan mobil dari perusahaan rental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *