Tips Agar Kabin Mobil Tidak Berisik, Ini Rahasianya

rental mobil matic balikpapan
kabin mobil

Anda tentunya tidak akan merasa nyaman bila duduk di dalam kendaraan yang berisik. Tidak itu saja, Anda juga bisa saja merasa kesal dan semakin terganggu ketika suara berisik tak kunjung menghilang.

Banyak alasan mengapa sebenarnya hal tersebut terjadi pada sebuah kendaraan, bisa jadi karena kurang perawatan atau lainnya. Nah, untuk itu di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bagian kabin mobil agar tidak lagi berisik seperti yang selalu dilakukan oleh rental mobil Balikpapan yang selalu menjaga kenyamanan para penggunanya.

Peredam Suara

Kabin mobil yang mengeluarkan suara berisik bisa diatasi dengan memasang peredam suara. Materialnya sendiri beragam, mulai dari glasswool, gel, aspal, busa, atau alumunium foil yang biasa disebut rubber butyl yang banyak digunakan saat ini.

Peredam sendiri bisa di pasang di beberapa bagian, seperti door trim pintu mobil, rubber seal pintu, alas kabin, dashboard hingga bagian kolong mobil. Ada juga kendaraan yang menggunakan peredam di bagian atas dan kap mobil yang tujuannya untuk meredam getaran, hawa panas dan tentu saja suara yang keluar dari mesin agar tidak terdengar di kabin mobil.

Pelumas Mobil

Agar mobil tidak berisik, maka gunakanlah pelumas grease. Pelumas ini tujuannya untuk menghindari kerusakan akibat gesekan antar logam yang terjadi di dalam kabin.

Grease atau biasa dikenal sebagai minyak gemuk memang memegang peranan penting untuk melumasi bagian alat berat yang saling bergesekan. Jika digunakan dengan tepat, bagian-bagian yang bergesekan tersebut bisa bertahan lama dan tentu saja, akhirnya membuat Anda menjadi lebih hemat.

Mengganti Bagian yang Rusak

Penyebab lainnya yang menyebabkan mobil menjadi berisik adalah adanya masalah pada komponen mobil. Bila bunyi berisik muncul saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi, itu artinya masalah ada di kaki-kaki mobil.

Baca Juga  Tips Rawat Mobil Berwarna Putih

Salah satu penyebabnya bisa jadi karena sudah aus atau pecahnya bushing arm, tie road, ball joint, atau shockbreaker. Untuk itu tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru.

Jika harus pergi namun mobil masih belum selesai diperbaiki, maka bisa menggunakan rental mobil Balikpapan untuk menemani aktivitas Anda.

Mengganti Oli

Bunyi berisik juga bisa bersumber dari gardan mobil. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti oli dengan yang lebih kental. Bunyi berisik sendiri tidak bisa serta merta hilang, karena bisa jadi suara berisik berasal dari komponen pada bagian gardan yang sudah rusak.

Jika kondisinya belum terlalu parah, maka Anda bisa menyetel ulang, namun jika dalam kondisi sudah rusak, maka Anda perlu menggantinya dengan segera.

Itu dia beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat mengetahui ada suara-suara berisik di dalam mobil. Perawatan mobil sendiri memang harus dilakukan secara berkala, mulai dari perawatan harian, bulanan, hingga tahunannya.

Jika Anda termasuk yang malas mengurusi masalah-masalah tersebut, maka sebaiknya Anda memanfaatkan jasa rental mobil Balikpapan saja. Anda tidak akan lagi disibukkan dengan pemeliharaan kendaraan, namun juga terlepas dari urusan bayar pajak, dan yang lainnya.

Dengan menggunakan mobil rental atau sewa, Anda juga bisa menentukan besar kecilnya mobil yang akan digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa Anda bayangkan bukan, jika Anda harus menyiapkan beberapa mobil di rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Jadi tidak ada alasan lain selain rental mobil Balikpapan untuk semua jenis aktivitas Anda, mulai dari meeting, pekerjaan dadakan, liburan, dan lain sebagainya. Yang pasti, rental mobil yang satu ini juga tidak pernah berisik sehingga membuat Anda nyaman ketika berada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *