Tips Aman Berkendara Mobil Bersama Anak

rental mobil dengan anak

Berwisata bersama anak memang punya keseruan tersendiri. Selain menjadi pencair suasana, Anda juga bisa mengenalkan dunia luar pada anak-anak sebagai proses belajarnya.

Namun, saat membawa anak jalan-jalan dengan mobil, ada banyak hal ekstra yang patut diperhatikan. Sebab, anak berbeda dengan orang dewasa yang bisa menahan diri dalam berbagai kondisi. Jika kondisi mobil kurang oke, hal itu bisa saja membuat anak merasa tidak nyaman, bahkan tidak aman.

Kalau sudah begini, perjalanan jadi tidak menyenangkan lagi. Yang ada, anak malah akan rewel. Nah, begini tips berkendara bersama anak ala rental mobil Balikpapan!

Car Seat untuk Balita

Jika anak Anda masih tergolong toddler atau balita, maka jangan lupa untuk menggunakan car seat. Hal ini disebabkan, sabuk pengaman yang ada di mobil belum bisa digunakan oleh anak berusia 5 tahun ke bawah. Sebaliknya, car seat akan membuat balita nyaman dan aman selama berkendara, karena bentuknya yang dirancang khusus untuk tubuh mungil mereka.

Tolok ukur anak butuh car seat atau tidak bisa dilihat dari posisi kakinya. Jika kakinya sudah mencapai dasar mobil, maka anak tidak butuh car seat. Jangan khawatir, rental mobil Balikpapan sudah dilengkapi dengan car seat untuk balita Anda.

Perhatikan Unsur Keamanan

Unsur keamanan adalah hal yang sangat penting dalam berkendara, apalagi jika mengajak anak. Jika sudah bisa duduk sendiri di kursi penumpang, maka pastikan sabuk pengamannya terpasang. Jangan lupa, Anda harus memasangkannya sampai pengait berbunyi klik.

Begitu juga apabila anak menggunakan car seat. Pastikan sabuk pengaman di car seat tersebut sudah terpasang kencang dan berbunyi klik. Ini penting sekali untuk menghindari tubuh anak terjerembap jika mobil melintasi medan yang terjal. Memastikan mobil yang disewa dalam keadaan baik di rental mobil Balikpapan juga suatu keharusan untuk memastikan anak aman.

Baca Juga  Keuntungan Rental Mobil Balikpapan dan Samarinda untuk Segala Urusan

Dudukkan di Tengah

Jangan sekali-kali mendudukkan anak di samping kemudi sampai dia berusia 13 tahun. Duduk di depan akan membuat anak rawan terpental apabila mobil mengalami benturan, baik dari depan atau pun belakang. Tubuh anak yang ringkih dan kecil tidak akan mampu menahan benturan tersebut.

Jika anak tetap ngeyel ingin duduk di samping Anda, maka katakan saja bahwa dia adalah penumpang istimewa yang harus duduk di bagian tengah mobil. Jika Anda perlu pengganti untuk mengemudi, di rental mobil Balikpapan menyediakan sewa mobil dan sopirnya.

Kuncilah Jendela

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Apa saja yang mereka temui pasti akan dijadikan objek permainan. Salah satunya adalah tombol naik-turun jendela mobil. Tangan anak pasti tidak tahan untuk tidak memencet-mencetnya.

Nah, PR Anda adalah mengunci jendela agar tidak bisa dibuka. Jika jendela terbuka, anak pasti akan tertarik untuk bermain-main di sana. Bisa saja, mereka kemudian melongokkan kepala atau menjulurkan tangan. Ini tentunya sangat berbahaya, ya. Sebelum sewa mobil di rental mobil Balikpapan, pastikan dulu mobil tersebut jendelanya bisa terkunci.

Cegah Kebosanan

Anak-anak akan sangat mudah bosan, apalagi jika harus berdiam diri di mobil selama berjam-jam. Memang, biasanya anak akan ketiduran di dalam perjalanan. Namun, Anda juga harus membawa makanan, minuman, dan mainannya untuk mengalihkan perhatian saat anak terbangun dan mulai bosan.

Nah, itu dia beberapa tips aman berkendara dengan anak. Ciptakan suasana perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga dengan rental mobil Balikpapan! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *