Tips Mengemudi Mobil di Pegunungan Ala Rental Mobil Balikpapan

mobil gunung tips

Berwisata atau jalan-jalan ke daerah pegunungan bersama keluarga memang seru. Mata jadi lebih fresh karena disuguhi pemandangan hijau yang segar. Perjalanan di dalam mobil pun jadi tidak membosankan.

Namun, jika memutuskan berkendara dengan medan pegunungan, Anda tidak boleh menyamakannya dengan medan di jalan biasa. Pasalnya, medan pegunungan yang cenderung naik turun butuh kelihaian khusus dari pengemudi mobil.

Nah, berikut tips berkendara di medan pegunungan ala rental mobil Balikpapan yang bisa dijadikan panduan.

Kesiapan Diri dan Mobil

Sebelum berwisata ke pegunungan, pastikan dulu Anda dalam kondisi prima. Perlu diketahui, bahwa membawa mobil melintasi medan pegunungan tidaklah sama dengan jalan biasa. Banyaknya tikungan dan tanjakan curam akan membuat Anda cepat lelah. Energi pun butuh lebih banyak.

Selain itu, jika Anda menyewa mobil di rental mobil Balikpapan, periksa betul kondisinya. Khususnya pada rem. Cairan rem sebaiknya masih bagus, kampas rem juga harus tebal. Selain itu, kondisi lain seperti tekanan ban dan bahan bakar full tank juga harus diperhatikan.

Pakai Gigi Rendah Saat Menanjak

Selanjutnya, apabila Anda menemui tanjakan, maka gunakanlah gigi rendah. Ini berguna supaya mobil mendapat tenaga optimal dan torsi yang dibutuhkan saat menanjak. Mobil tanpa kopling artinya tuas harus segera diposisikan 1 atau L. Sama halnya dengan mobil bertransmisi manual, maka persnelingnya harus segera diposisikan 1.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan temperatur suhu mobil yang disewa dari rental mobil Balikpapan. Saat berada di putaran tinggi sementara menggunakan gigi rendah, biasanya mobil akan cepat panas. Untuk menghindari bahaya, Anda sebaiknya berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin mobil.

Waspada Saat Menyalip

Menyalip di medan pegunungan tidaklah semudah di jalan biasa. Anda harus benar-benar memperhatikan bahwa keadaannya aman. Sebaiknya hindari menyalip kendaraan lain jika Anda sedang melaju mendekati puncak pegunungan, juga tikungan curam atau blind spot. Alasannya, Anda tidak tahu betul apa yang menanti di depan saat sedang menyalip.

Baca Juga  Alasan Mengapa Memilih Sewa Mobil

Selain itu, hindari juga menyalip di medan yang menurun. Adanya gaya gravitasi akan membuat mobil melaju makin cepat di turunan. Jika memang ingin menyalip, Anda harus yakin bahwa Anda memiliki waktu untuk kembali ke barisan.

Kurangi Kecepatan Saat Menikung

Tips selanjutnya dari rental mobil Balikpapan saat melintasi area pegunungan adalah melambatkan laju saat menikung. Jangan coba-coba menikung dengan cepat karena Anda tidak tahu apakah ada ruang untuk menghindar untuk kendaraan lain dari arah yang berlawanan.

Sebaiknya, ambil sisi terluar jalur saat menikung untuk memberi ruang pada kendaraan lain. Hindari menikung dari posisi di tengah atau malah dari posisi arah berlawanan. Hal itu sangat membahayakan.

Perhatikan Blind Spot dan Cuaca

Mengemudi di daerah pegunungan butuh kewaspadaan dua kali lipat, tak hanya butuh mobil yang prima dari rental mobil Balikpapan. Salah satunya untuk menghadapi blind spot dan cuaca yang berbeda, seperti kabut dan hujan.

Saat berada di blind spot, pandangan Anda mungkin akan terhalang pohon, lembah, dan sebagainya. Anda sebaiknya membunyikan klakson atau menyalakan lampu sebagai tanda kehadiran mobil Anda. Begitu pula saat cuaca hujan dan berkabut dan pandangan Anda jadi terhalang, maka nyalakanlah lampu. Perhatikan pula saat mengerem, karena hujan akan membuat jalan semakin licin.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berkendara di daerah pegunungan dari rental mobil Balikpapan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *