Tips Telaten Menyusun Barang Saat Mudik

Senayan Rent Car, Rental Mobil Balikpapan – Di perjalanan mudik, tak jarang kita melihat banyak kendaraan yang tampak sempoyongan lantaran bertimbun barang-barang bawaan. Tak sedikit yang meletakkan barang-barangnya di atas mobil. Pemandangan ini seperti hasil dari ‘panic packing’, penyusunan barang yang tergesa-gesa. Padahal, tak cermat menyusun barang-barang malah bisa membuat Anda lama tiba di kampung halaman.

First thing first, ingat, barang mudik bukan barang pindahan. Anda mau mudik, bukan mau pindahan. Candaan ini sudah sering dilontarkan namun tetap saja tak sedikit pemudik seolah lupa bahwa mereka akan menginap di kampung hanya beberapa hari, bukan untuk selamanya. Jadi, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah penting atau tidaknya barang-barang tersebut dibawa ke kampung.

Setelah disortir, ternyata barang-barang bawaan Anda masih banyak, silakan simak tips otosia di bawah ini dalam menyusunnya di dalam kendaraan.

a. Susunlah barang dari yang paling berat ke yang paling ringan. Lebih tepatnya, dari barang yang paling kuat ke barang yang paling ringkih. Paling berat/kuat tentu paling bawah dan paling ringan/ringkih diletakkan paling atas. Hal ini perlu dilakukan terutama demi keutuhan barang-barang. Alasan lainnya ialah agar kestabilan posisi barang lebih terjaga.

b. Susunlah barang-barang Anda sedapat mungkin saling berimpitan. Hal ini dilakukan agar barang-barang Anda tidak bergeser-geser. Selain dapat merusak barang, bunyi barang-barang yang bergeser dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Karena itu, Anda perlu terampil menyusun barang seperti menyusun puzzle, harus serba pas berimpitan.

c. Susun pula barang-barang yang sekiranya bakal diambil sewaktu-waktu dengan meletakkannya di tempat yang mudah diakses. Peralatan salat atau obat-obatan, misalnya, sebaiknya diletakkan di kotak atau tempat yang mudah diakses. Jangan biarkan berada di bawah atau di tengah yang susah diambilnya.

d. Pastikan susunan barang-barang tidak menghalangi pandangan dari spion tengah dalam. Bagaimana pun, spion di kabin berguna untuk kewaspadaan maksimal berkendara. Kita misalnya perlu tahu apakah ada kendaraan-kendaraan di belakang yang agresif atau perlu dihindari. Lagipula, Anda akan distop polisi jika ketahuan bahwa tumpukan barang-barang Anda menghalangi pandangan spion kabin.

e. Jika tidak karena terpaksa atau kepepet, upayakan tidak meletakkan barang-barang di atas mobil. Meski ada mobil yang dilengkapi penampang barang di atap, bagaimana pun tumpukan barang mengganggu aerodinamika. Mobil jadi mudah goyang. Sistem aerodinamika mobil memang dirancang tanpa ada barang lagi di atas. Selain itu, jika laju mobil lebih terhambat, bahan bakar pun jadi lebih boros.

Jika anda membutuhkan Jasa rental mobil Balikpapan dengan Driver/Lepas kunci anda bisa menghubungi kami Senayan Rent, Kami adalah Jasa Rental Mobil Balikpapan Profesional. kami Menyediakan layanan sewa mobil yang bisa menjadi solusi anda untuk perjalanan yang effisien, mudah dan murah. Dengan menjaga kualitas pelayanan kendaraan, memastikan bahwa setiap konsumen akan selalu mendapat layanan prima dengan harga terjangkau.

 

Sumber: otosia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *