Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil Di Rumah

perawatan mesin mobil

Sebagai pengendara tentunya kita berharap mobil bisa bertahan lebih lama. Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus mengunjungi bengkel resmi untuk perawatan rutin secara langsung atau melalui servis berkala.

Selain itu pemeliharaan harus dilakukan secara teratur, baik secara langsung atau di bengkel bersertifikat dan servis berkala. Bisa juga agar lebih mudah dan praktis yaitu dengan rental mobil Balikpapan. Jika Anda belum memahami seluk beluk dan perawatan mobil. setidaknya Anda perlu mengetahui 5 hal ini agar mobil tetap dalam kondisi terbaiknya:

1. Biasakan Untuk Ganti Oli Secara Rutin

Oli mobil harus diganti setiap 5 sampai 10 ribu kilometer untuk memastikan bahwa mesin mobil terus bekerja dalam kondisi terbaiknya. Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan meletakkan beberapa tetes oli di tangan.

Kemudian rasakan serpihan kecil di dalamnya,  jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, saatnya untuk mengganti oli. Mengganti oli sangat penting, terutama jika kendaraan sering digunakan.

Fungsi oli adalah untuk mencegah gesekan pada saat mesin mobil hidup. Oli berkualitas tinggi selalu dapat menjaga kondisi kendaraan tetap stabil dan optimal. Dan lebih awet digunakan pada mesin yang sering digunakan.

2. Cek Kembali Kopling Dan Pastikan Berfungsi Dengan Baik

Tips dengan rental mobil Balikpapan ini berlaku jika Anda memiliki transmisi manual di mobil Anda. Saat liner kopling mulai aus, mereka menjadi berat untuk bepergian dan dapat memengaruhi kenyamanan berkendara. Perubahan gigi yang sulit menunjukkan bahwa liner kopling mobil mulai aus.

3. Rutin Mengisi Ulang Radiator dengan Air

Air biasa digunakan untuk mendinginkan mesin pada saat mesin hidup. Biasakan untuk mengisi selang radiator secara rutin. Juga jika Anda menggunakan air wiper yang cukup, isi dengan air bersih saat selang wiper mulai mengering.

Baca Juga  Cara Menjaga Keselamatan Ala Rental Mobil Balikpapan Saat Perjalanan Jauh

4. Periksa Kabel dan Lampu Depan

Periksa secara teratur kondisi kabel dan lampu kendaraan Anda. Terkadang kabel bisa lepas atau putus, atau lampu depan kendaraan bisa menjadi gelap. Pastikan semua kabel dan lampu dalam kondisi baik untuk mengatasi masalah jalan.

5. Perawatan Aki Mobil

Cara termudah untuk mengelola aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada tingkat yang benar di antara tampilan. Adapun cara lainnya dengan mengukur tegangan baterai menggunakan voltmeter.

6. Biasakan Isi Bahan Bakar Secara Penuh

Cara merawat mesin mobil selanjutnya atau dengan rental mobil Balikpapan ini adalah dengan mengisi bahan bakarnya. Debu dan kulit bisa menempel di bagian atas tangki bahan bakar karena kebiasaan tidak mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa tangki bahan bakar akan selalu penuh.

Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi terbaik adalah bersih, bebas dari debu dan debu. Saat menimbang tangki bahan bakar yang dibawa di jalur pembakaran, mereka bisa sangat berbahaya. Disarankan juga untuk menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan.

Secara umum, pabrikan merekomendasikan penggunaan bahan bakar tanpa timbal dengan angka oktan yang lebih tinggi. Bahan bakar yang mengandung timbal dapat menyumbat dan menyebabkan kegagalan mesin.

7. Lakukan Cek Starter Mobil Secara Berkala

Tes engkol mobil adalah cara terpenting untuk menjaga mesin mobil Anda tetap berjalan dengan baik. Dengan memeriksa motor starter, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang kondisi mesin kendaraan.

Jika sulit menghidupkan mesin, starter bisa rusak. Ini mungkin karena berkurangnya pasokan bahan bakar dan udara ke kendaraan. Oleh karena itu, Anda dapat melihat filternya. Untuk melakukan ini, lepaskan filter dan kemudian gunakan sikat gigi atau sikat untuk membersihkan filter.

Baca Juga  Perhatikan Hal ini sebelum melakukan Sewa Mobil

Sekian ulasan mengenai tips sederhana merawat mesin mobil di rumah yang mungkin bisa Anda coba atau agar lebih mudahnya bisa dengan rental mobil Balikpapan saja. Dari beberapa tahapan diatas tentunya juga ada yang mungkin tidak bisa Anda lakukan sendiri. Jadi pastikan untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *